Sambut HDI, Pemprov Jabar selengarakan Lomba Baca Al-Quran Isyarat dan Braille

Oleh Admin

Terbit Senin, 5 Desember 2022   Dibaca 67 kali



Cimahi, 5 Desember 2022 – Dalam rangka menyambut Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2022, Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Perlombaan Baca Al-Quran Isyarat dan Braille bagi para sahabat difabel. Perlombaan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HDI Tingkat Provinsi Jawa Barat yang puncak kegiatannya direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 14 Desember 2022.

Perlombaan ini diselenggarakan secara virtual pada tanggal 5-6 Desember 2022. Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Supriadi menyampaikan “untuk hari Senin 5 Desember penyelenggaraan lomba Baca Alquran Isyarat bagi sahabat difabel rungu wicara, dan tanggal 6 Desember penyelenggaraan lomba baca Al Quran Braille bagi sahabat difabel netra”.

Kegiatan ini terbuka bagi para sahabat difabel dari seluruh Indonesia. “Total peserta yang mengikuti lomba ini tercatat ada 60 orang, 24 orang yang mengikuti Lomba Baca Al Quran Isyarat, dan 36 orang mengikuti Lomba Baca Al Quran Braille’, imbuh Supriadi.

Dari 60 peserta yang mengikuti kegiatan, 46 diantaranya berasal dari Jawa Barat, peserta lainnya berasal dari Banten, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta, Sumatra Utara, Sumatera Barat, D.I.Aceh, Sulawesi Utara, Kalimantan Tengah, dan NTB. Untuk surat yang dibacakan ditentukan oleh panitia. Peserta dengan nomor urut ganjil membaca surat Ar-Rahman, dan peserta dengan nomor urut genap membaca surat Al-Waqiah.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dodo Suhendar. Dalam pembukaannya Dodo mengatakan kegiatan ini diselenggarakan untuk memberi ruang bagi para sahabat difabel dalam mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri.  “Peringatan HDI  ini   merupakan salah satu bentuk kampanye sosial untuk terus mendengungkan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak disabilitas”, ungkap Dodo.

Dalam kesempatan tersebut Dodo juga berterima kasih atas antusiasme para peserta mengikuti kegiatan tersebut dan  berharap ke depannya akan ada kegiatan-kegiatan lainnya yang mendukung pengembangan potensi para sahabat difabel. (rachmi)

 

HUMAS DINSOS JABAR


Komentar


Komentar