Penanganan Bencana Cianjur: Posko Karangtengah Siapkan Sistem Pengelolaan Logistik

Oleh Admin

Terbit Kamis, 1 Desember 2022   Dibaca 51 kali



Kabupaten Cianjur, 1 Desember 2022 - Pasca gempa bumi menimpa kabupaten Cianjur, Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara intensif melakukan penanganan kebencanaan. Salah satu upayanya adalah dengan mengembangkan aplikasi Piso Dapur (Pusat Informsi dan Data Gempa Cianjur). Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dodo Suhendar, melakukan rapat koordinasi terkait pengelolaan data Piso Dapur di Kecamatan Karangtengah.

Ia mengatakan untuk menertibkan pegelolaan bantuan perlu adanya sistem yang terkoordinasi dengan baik. “Oleh karena itu, saya membawa tim IT dari Dinsos Jabar untuk memetakan sistem informasi yang dapat membantu ketersediaan dan kebutuhan logistik untuk di posko kecamatan karang tengah,”, kata Dodo.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula tim IT dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat yang memiliki aplikasi pengelolaan logistik yang sudah berjalan. Rencanya, tim penanggungjawab posko Karangtengah akan mereplikasi sistem ini untuk membantu pengolahan data ke aplikasi Piso Dapur. “dengan begitu diharapkan pendataan kebutuhan untuk masyarakat terdampak di 16 desa di kecamatan Karang tengah dapat terakomodir dengan baik”, imbuh Dodo.

Kepala Bidang Perlindungan & Jaminan Sosial Kabupaten Cianjur yang juga hadir dalam rapat tersebut mengatakan saat ini penyaluran bantuan kebencanaan sudah berjalan baik berkat bantuan dari pemerintah pusat, provinsi, daerah, dan relawan. Akan tetapi, membludaknya antusiasme para relawan membuat sistem pengelolaan logistik perlu dikembangkan.

Ia mengatakan penyaluran bantuan khsusnya logistik harus di kawal dengan baik. Saat ini pihaknya sedang dalam pendataan kebutuhan kebencanaan melalui excel. “Dengan adanya dukungan dari Pemprov melalui sistem Piso Dapur dan juga sistem yang akan dikembangkan Kadinsos Jabar dapat memudahkan pemetaan kebutuhan yang dapat dikordinir ke pendopo”, ujarnya.

Setelah melakukan Rapat Koordinasi, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dengan didampingi Plt. Sekretaris Dinsos Jabar yang menjabat Kepala Bidang Perlingan Sosial Dinsos Jabar, Enok Komariah, melanjutkan agenda melakukan pembinaan kepada pilar-pilar sosial TKSK dan Karang Taruna yang menjadi relawan di Cianjur. Pilar sosial diharapkan dapat berperan aktif dalam penanganan bencana khususnya terkait pengembangan sistem pengelolaan logistik. (Avicena, Rachmi)

HUMAS DINSOS JABAR


Komentar


Komentar


Elsa Bradfield Kamis, 2 Februari 2023 - 05:59

Unlock Google with AI-Optimization. Skyrocket your WordPress website's performance and content with cutting-edge AI technology. See real results in your search engine rankings, 14 days to real results https://ai4u.quest no obligation, just benefits. Plus, no need for additional content copywriting tools, this AI does it all. You can opt out of your domain anytime https://web-4u.org/optout/?site-go.id

Betsy Mears Selasa, 7 Februari 2023 - 12:11

The power WordPress with AI-Optimization. Looking for a powerful content writing tool? GetGenie AI is the perfect solution for you! It's the most complete and automated AI SEO WordPress plugin. Check out Best 5 AI SEO WordPress Plugins blog https://genie.quest/ now and take your content optimization to the next level! You can opt out of your domain anytime https://web-4u.org/optout/?site-go.id