Penanganan Bencana Cianjur, Bupati Cianjur: Relawan Sebaiknya Disatukomandokan

Oleh Admin

Terbit Kamis, 1 Desember 2022   Dibaca 11 kali



 

Cianjur, 25 November 2022- Pada hari ke 4 pasca kejadian bencana gempa Cianjur, Jumat 25 November 2022, diadakan rapat Forkopimda Jawa Barat terkait evaluasi penanganan bencana Cianjur. Pada kesempatan ini Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan perlunya ada satu komando untuk mengkondisikan para relawan yang antusiasmenya cukup besar.

Herman mengatakan sampai hari kemarin penanganan bencana di Kabupaten Cianjur sudah jauh lebih baik.  "Setiap hari kami adakan rapat dengan Camat setiap jam 7. Dilanjutkan dengan membawa barang ke gudang, kemudian para kades langsung membawa ke kecamatan untuk disalurkan ke korban bencana", kata Herman.

Namun, Herman melanjutkan, saat ini relawan yang beredar di masyarakat belum ada dalam satu komando. Hal ini membuat penanganan kurang kondusif. Oleh karena itu ia berharap adanya satu komando untuk membuat penyebaran dan pembagian tugas para relawan menjadi lebih teratur.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sekaligus pimpinan rapat menyampaikan bahwa penanganan bencana ini harus diselenggarakan dengan disiplin. "Disiplin bagi korban bencananya, disiplin bagi para relawannya, juga disiplin bagi pemerintah", ujarnya. 

RK menambahkan, penanganan bencana ini setengahnya dilakukan oleh relawan masyarakat. Oleh karena itu pendistribusian dan pembagian tugasnya harus terkoordinasi dengan baik.  

Saat ini, agar pendataan penanganan bencana di Kabupaten Cianjur lebih teratur, baik pendataan relawan, korban, maupun bantuan, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sedang mengembangkan aplikasi PISO DAPUR (Pusat Informasi dan Data Bencana Cianjur)

Terkait kebutuhan logistik, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dodo Suhendar, menyampaikan dalam laporannya bahwa logistik permakanan masih tercukupi untuk kebutuhan tiga hari ke depan. Dan saat ini sedang didirikan posko Dapur Umum ke 17 di Kabupaten Cianjur. (rachmi, faishal)

HUMAS DINSOS JABAR


Komentar


Komentar