Pemprov Jabar Buka Posko Bencana di Karangtengah

Oleh Admin

Terbit Jumat, 25 November 2022   Dibaca 21 kali



Pemprov Jabar membuka posko penanganan bencana di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur pada hari Kamis 24 November 2022. Posko yang berlokasi di Dinas Sosial Kabupaten Cianjur ini didirikan sebagai salah satu respon kepedulian Pemprov Jabar terhadap warga terdampak bencana gempa bumi Cianjur khususnya wilayah Kecamatan Karangtengah. 

Posko Kecamatan Karangtengah ini dikelola oleh Dinas Sosial, Inspektorat Daerah, serta Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat. Pada hari pertama pendiriannya, kegiatan diisi dengan kunjungan pengelola posko ke Kantor Kecamatan Karangtengah, serta ke lokasi pengungsian warga di Desa Babakan Caringin. 

Hadir pada hari pertama pendirian posko Inspektur Daerah Provinsi Jawa Barat, Eni Rohyani beserta jajarannya. Dalam kesempatan ini, Eni beserta tim mengunjungi Kantor Kecamatan Karangtengah untuk berdiskusi langsung dengam Camat Karangtengah, Djoko Purnomo mengenai penanganan korban bencana. Setelah itu, ia bergerak ke posko pengungsian Karangtengah yang bertempat di Desa Babakan Caringin melihat kondisi warga terdampak

Dalam kunjungan ini, Eni menekankan perlunya kerjasama antar instansi demi percepatan penanganan korban bencana. "Kerjasama tersebut dilakukan agar program-program penanganan bencana dapat terselenggara dengan cepat dan tepat, namun tetap tertib administrasi" ucap Eni. 

Eni berharap kegiatan penanganan bencana yang diselenggarakan oleh Pemprov Jabar dapat berjalan dengan efektif dan akuntabel. 

Eni kemudian menyerahkan bantuan dari Inspektorat Jabar berupa Paket Makanan, Paket Kebersihan, serta Paket Suplemen. 

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Jabar, Enok Komariah, turut hadir pada hari pertama pendirian Posko Kecamatan Karangtengah. Sebagai dinas yang memiliki tugas dalam pemenuhan logistik korban bencana, Enok menyampaikan pemenuhan logistik permakanan dari dinsos jabar terbatas. Kebutuhan lauk pauk yang disediakan Dinsos Jabar terbatas pada sarden, kornet, dan mie.

 "Kami tidak menyediakan sayuran, telur, daging-dagingan, buah buahan Jadi diharapkan para donatur yang akan berpartisipasi memberi makanan, bisa memberikan makanan yang belum ada", kata Enok.

Total ada 15 posko yang didirikan Pemprov Jabar di 15 kecamatan terdampak bencana. Posko ini dikelola oleh semua perangkat daerah di pemda Provinsi Jawa Barat. Masing masing posko dikelola dua sampai lima perangkat daerah. Diharapkan dengan adanya pembagian tugas, proses penanganan bencana bisa lebih efektif (ilham&rachmi)

HUMAS DINSOS JABAR


Komentar


Komentar