Tingkatkan Sinergi, Serdik Sespimma POLRI lakukan Kuliah Kerja Profesi Ke Dinsos Jabar

Oleh Admin

Terbit Selasa, 18 Oktober 2022   Dibaca 57 kali



Cimahi, 18 Oktober 2022 - Peserta Didik (Serdik) Sespimma Polri Angkatan 68 Tahun Anggaran 2022 menyelengarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama tim dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat (Dinsos Jabar) di Kantor Dinsos Jabar, Cimahi pada Selasa 18 Oktober 2022. FGD ini mengangkat tema Optimalisasi Kerjasama Polri dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Guna Mendukung Program Kerja Pengangkatan Anak dalam rangka Membangun Karakter Anak Bangsa.

Kombes Pol Tommy Bambang Irawan, yang merupakan Pawas dari Serdik tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Kuliah Kerja Profesi (KKP) Serdik Sespimma POLRI Angkatan 68 Tahun Anggaran 2022. “Kegiatan ini merupaka kegiatan rutin yang pasti diadakan setiap angkatan guna meningkatkan sinergitas antara kepolisian khususnya serdik yang nantinya akan bertugas di lapangan dengan stakeholder dalam hal ini Dinas Sosial”, papar Tommy.

Isu pengangkatan anak dipilih karena hal ini erat kaitannya dengan penanganan anak terlantar. Tommy menyampaikan, anak terlantar rentan terhadap aksi kejahatan terutama terkait dengan eksploitasi yang dilakukan guna mendapatkan keuntungan ekonomi. “Contohnya di sepanjang lampu merah banyak anak kecil yang disuruh orang tuanya melakukan hal seperti itu.  Gepeng ini suka dijadikan sarana untuk mencari uang” lanjut Tommy.

Berangkat dari hal tersebut, kegiatan KKP ini diselenggarakan ke Dinas Sosial sebagai instansi yang salah satu tupoksinya adalah dalam hal pengangkatan anak. 

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dodo Suhendar, menyambut baik adanya kegiatan ini. Dodo mengatakan pihaknya dalam beberapa pelaksanaan kegiatan tidak dapat terlepas dari peran kepolisian. “Beberapa kegiatan kolaborasi yang sering melibatkan kepolisian adalah terkait penyaluran bantuan sosial, juga perlindungan terhadap perempuan dan anak, salah satunya pengangkatan anak ini”, kata Dodo.

Pelaksanaan KKP yang bertema “Sinergitas POLRI dan Instansi Terkait terhadap Pembangunan Daerah”  ini dilakukan selama satu hari ke lima instansi yang berbeda oleh kelompok serdik yang berbeda. Instansi lain yang juga menjadi lokasi KKP adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Jasamarga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, KPID, dan Dinas Sosial di Provinsi Jawa Barat. Kelima instansi tersebut dipilih karena memiliki tugas yang erat kaitannya dengan tugas PORI terutama dalam hal keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kegiatan KKP ini diharapkan mampu mendewasakan cara berpikir, bersikap, dan bertindak serta meningkatkan daya penalaran dalam melakukan pengkajian, perumusan, dan pemecahan masalah yang komprehensif bagi seluruh peserta didik.

Setelah melaksanakan FGD, seluruh Serdik KKP di Dinsos Jabar yang berjumlah 31 orang melakukan kunjungan ke Pusat Pelayanan Sosial Griya Harapan Difabel untuk memberikan bantuan berupa perlengkapan salon yaitu hairdryer, steamer dan tempat tidur (beauty bed). (rachmi)

Humas Dinsos Jabar


Komentar


Komentar


Aep Saepudin Selasa, 18 Oktober 2022 - 05:00

Penanganan masalah sosial anak terlantar ,korban tindak kekerasan perlu pelayanan yang sinergi dengan kepolisian sesuai dengan pranya masing masing dalam memecahkan masalah tersebut agar lebih baik kedepanya


Deri Supratman Selasa, 18 Oktober 2022 - 05:00

penanganan masalah sosial anak perlu pelayanan yang sinergi sesuai dengan perannya untuk meningkatkan masa depan anak supaya lebih baik kedepannya


Saripudin Selasa, 18 Oktober 2022 - 05:00

Penanganan masalah sosial hususnya wanita korban tindak kekeran,anak eksploitasi dan masalah sosial lainya yang terkait dengan kepolisian husunya perlu sinergi sesuai dengan perannya masing masing untuk memecahkan masalah


Saripudin Selasa, 18 Oktober 2022 - 04:53

Penanganan masalah sosial hususnya wanita korban tindak kekeran,anak eksploitasi dan masalah sosial lainya yang terkait dengan kepolisian husunya perlu sinergi sesuai dengan perannya masing masing.