"Nyaah Ka Kolot" Sebagai bentuk Nilai - Nilai Kepahlawanan

Oleh Admin

Terbit Senin, 4 Juli 2022   Dibaca 14 kali



KOTA BANDUNG, (28/06/2022) - Mengenal sejarah, nilai kepahlawanan dan sikap nasionalisme cinta tanah air harus selalu ditumbuhkembangkan pada setiap generasi. Seperti ucapan Ir. Soekarno yakni “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa kepahlawanan dan sejarah” merupakan benar adanya bahwa dengan nilai kepahlawanan dan sejarah perjuangan para pendahulu merupakan sebuah refleksi bagi kehidupan kita untuk menjunjung tinggi arti perjuangan. Sepertihal nya yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang sudah mengusung Mochtar Kusumatadmaja sebagai Pahlawan Indonesia asal Jawa Barat atas jasanya yang besar dalam memperkuat dan memperluas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dinsos Jabar melalui Bidang Pemberdayaan Sosial melaksanakan Kegiatan Penamaman Nilai-Nilai Kepahlawanan dengan mengusung tema "Nyaah Ka Kolot". Narasumber yang dihadirkan diantaranya Prof. Dr. Reyza D. Dienaputra, M. Hum (Guru besar sejarah UNPAD, Budi Dalton (Seniman dan Budayawan), Dra. Ia Kurniati, Mpd (Ketua PW Aisyah Jawa Barat). Acara ini secara formal dilaporkan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Ibu Dra. Hj. Elis Kartini, M.Si dengan menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tersebut.

Dalam pembukaannya Dra. Enok Komariah, M.Kes yang dalam hal ini mewakili Kadinsos Jabar memberikan motivasi kepada pilar-pilar Sosial Jawa Barat baik secara online (Youtube DinsosjabarTV) maupun yang hadir secara langsung di Hotel Savoy Homan Kota Bandung. Dalam motivasinya, Ibu yang akrab dipanggil dengan sebutan “Emak” ini mengimbau untuk menggali dan memperkenalkan serta menyebarluaskan nilai-nilai kepahlawanan, menumbuhkn sifat cinta tanah air mendorong warga masyarakat dan generasi muda untuk menumbuhkan sikap kepahlawanan dan nasionalisme para pilar-pilar sosial yang memiliki tugas mulia dalam penanganan permasalahan sosial yang setiap saat semakin kompleks. 

Ibu Enok kemudian menyampaikan Tema Nyaah ka Kolot ini merupakan bentuk rasa terimakasih kita kepada oragtua, kokolot, lansia, sepuh yang dapat diwujudkan dengan menyayangi mereka, memberi perhatian, dan mengucap syukur dalam hati sebagai rasa terimakasih atas apa yg sdh mereka lakukan dan perjuangkan.

HUMAS DINSOS JABAR


Komentar


Komentar