Menggapai Berkah Pasca Idul Adha, Dinsos Jabar Gelar Pengajian

Oleh Admin

Terbit Senin, 3 Juli 2023   Dibaca 30 kali



Senin, 3 Juli 2023 - Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan pengajian rutin bulanan sekaligus memperingati Hari Raya Idul Adha. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan jiwa kompetensi dan motivasi masing-masing individu.  Kegiatan pengajian ini diikuti oleh pegawai Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat yang hadir secara langsung di aula sawala, juga secara daring.

Pengajian ini mengangkat tema “Syari’at dan Makna Ibadah Qurban” yang disampaikan oleh Ustadz Yusrizal Amir Syah, Lc.  Ustadz Yusrizal menyampaikan mulai dari asal muasal adanya pelaksanaan kurban, syariat, serta makna kurban.  

Ia menyampaikan, asal muasal kurban itu sudah ada sebelum lahirnya syariat dari Nabi Ibrahim, yaitu dari Nabi Adam. “Kurban Habil (anak Nabi Adam-red) diterima Allah itu alasannya didasarkan pada orang yang berkurban itu sendiri. Karena Habil berkurban atas dasar takwa, maka kurbannyalah diterima", papar Ustadz Yusrizal. 

“Kisah kurban Nabi Ibrahim ini bukan hanya menceritakan tentang kurban, tetapi juga bagaimana menjalin kedekatan antara anak dengan ayahnya, seperti yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail”, lanjutnya.  

Ibadah kurban merupakan sunnah muakkad (sangat dianjurkan) bagi orang muslim. Bahkan sebagian pendapat mengatakan wajib bagi yang mampu atau memiliki harta lebih. Kurban juga menjadi sebuah bentuk ibadah sosial yang tidak melihat strata sosial, semuanya dilihat secara merata. “Syariat ini sudah dibungkus dengan baik, dengan harapan setelah melaksanakan kurban dapat menjadikan tunggangan nanti di dunia akhirat. Kurban ini ibadah yang harus dipersiapkan”, terang Syahrizal

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dodo Suhendar, hadir memberi sambutan dalam kegiatan pengajian tersebut. Dalam sambutannya, Kadinsos mengutip pesan dari Ustadz Adi Hidayat yaitu anugrah terbesar itu bukan harta atau jabatan, melainkan menjadi orang yang baik. Kadinsos juga mengajak seluruh pegawai untuk selalu menebarkan kebaikan di setiap langkahnya.

Humas Dinsos Jabar


Komentar


Komentar