Kadinsos Jabar Sosialisasikan Penangangan Masalah Sosial di Desa Linggarsari & Cilingga

Oleh Admin

Terbit Kamis, 1 Oktober 2020   Dibaca 13 kali



KABUPATEN PURWAKARTA - Upaya memahami kehidupan sosial serta penanganan masalah sosial. "Salah satu faktor kebahagian seseorang ditentukan juga oleh kondisi diri dan lingkungannya dimana terdapat suatu kebutuhan terpenuhi" tutur Kadinsos Jabar kunjung kerja dalam peyulusan sosial di desa Linggarsari kabupaten Purwakarta. Dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas sosial Provinsi meberikan penyuluhan terkait program - program sosial, baik itu pemerintah pusat, pemerintah provinsi sampai pemerintah daerah. Terlebih disetiap daerah khusus nya Jawa barat memiliki permasalahan sosial yang berbeda-beda.

Permasalahan Sosial yang begitu kompleks, program-program sosial dari pemerintah sebagai tindakan dan kebijakan sebagai pemecahan masalah sosial  harus di sampaikan dan direalisasikan. Penyuluh sosial sebagai corong dalam menyampaikan program - program pemerintah ke masyarakat sehingga informasi dalam penangan masalah dapat di lakukan dan diketahui.

Upaya penanganan masalah sosial pemerintah pusat menghadirkan Pusat Kesejahteraan Sosial (PUSKESOS) di setiap desa. Hadir nya PUSKSESOS,  masyarakat akan lebih mudah dan terbuka dalam mendapatkan pelayanan sosial secara langsung. Sepertihal nya saat ini,  penyuluhan sosial melakukan penjangkauan ke lapangan bersama penyuluh sosial masyarkat di desa Linggarsari dan Cilingga kabupaten Purwakarta. Saat ini pelayanan sosial sedang ditingkatkan dalam pelayanan rehabilitasi sosial dan Pemberdayaan sosial. Mereka yang memiliki atau mendapati orang dengan kekurangan fisik (disabilitas) dapat di ajukan melalui PUSKESOS agar mendapatkan program penanganan sosial dari pemerintah. Sepertihal nya rehabilitasi sosial, pemberdayaan sosial menangani permasalahan sosial dimana masyarakat atau kelompok memiliki kegiatan produktif yang perlu dukungan dari pemerintah. Berbagai bentuk informasi yang perlu di sosialisasikan kepada masyarakat melalui penyuluh sosial sehingga kebijakan dan program dari pemerintah dapat terealisasikan.


Komentar


Komentar