Dukungan Keluarga berperan penting bagi Kestabilan Kondisi Jiwa ODGJ

Oleh Admin

Terbit Senin, 12 September 2022   Dibaca 17 kali



Kab. Bandung Barat, 07/09/2022 - Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)  merupakan salah satu jenis Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang termasuk dalam katagori Penyandang Disabilitas,  dalam hal ini disabilitas mental.  

Oleh karena itu ODGJ termasuk salah satu sasaran penerima manfaat bantuan sosial terutama bila ODGJ tersebut berasal dari keluarga kurang mampu. 

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat,  Dodo Suhendar,  melaksanakan kunjungan ke salah satu keluarga yang salah satu anggota keluarganya merupakan ODGJ di Kabupaten Bandung Barat tepatnya daerah desa Mandala Mukti kecamtan Cikalong Wetan. Kunjungan ini merupkan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap PPKS ODGJ. 
.
Dalam kunjungan tersebut,  Kadinsos Jabar memberikan dukungan kepada keluarga dan PPKS ODGJ tersebut dengan memberikan bantuan berupa sembako yakni beras 25 Kg, mie Instan 1 dus, minyak goreng 1 Liter,  kornet kemasan 4 kaleng, serta uang santunan.
.
PPKS berinisal D ini dikenal sebagai sosok orang yang berperilaku baik dan mengalami kehidupan yang normal saat dahulu. Sejak pindah dan menetap di daerah lain,  beliau mengalami ganguan jiwa sehingga dibawa kembali oleh keluarga dan sanak saudara ke desa Mandala Mukti kabupaten Bandung Barat. 
Sebelumnya,  ia telah mendapatkan pelayanan Rehabilitasi Sosial di pusat rehabilitasi sosial daerah Wonogiri.

Dalam kesempatan ini, Kadinsos Jabar memberi pesan dan motivasi pada keluarga untuk selalu memberikan perhatian lebih kepada D. "D masih memiliki masa depan yang panjang. Kedekatan dengan keluarga merupakan salah satu dukungan kuat yang diharapkan bisa berpengaruh positif pada kestabilan jiwa D", kata Dodo.


Komentar


Komentar