Dinsos Melakukan Monitoring ke Daerah Terdampak Bencana di Sukabumi

Oleh Admin

Terbit Rabu, 28 September 2022   Dibaca 35 kali



Dinsos Jabar mengirimkan tim untuk melakukan monitoring kejadian bencana ke Kabupaten Sukabumi pada 27 September 2022. Monitoring dilakukan pada dua daerah terdampak, yaitu Kecamatan Cibitung dan Kecamatan Tegalbuleud. 

Berdasarkan laporan warga, banjir bandang terjadi pada Jumat 23 September 2022 di dua kecamatan tersebut sebagai akibat meluapnya Sungai Cikaso. Pada saat kegiatan monitoring dilaksanakan, di Kecamatan Cibitung tim mendapati penanganan bencana sudah kondusif. Sebanyak 158 KK / 558 jiwa yang terdampak banjir bandang sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing setelah air sungai surut. Bantuan logistik juga sudah dikirim ke masing-masing korban bencana.

Namun, kondisi berbeda ditemukan di Kecamatan Tegalbuleud yang diterjang banjir bandang dan longsor di sejumlah titik. Sedikitnya terdapat 227 KK/481 jiwa dari enam desa yang terdampak bencana. 

Ditemui di kantor kecamatan, Sekretaris Camat Tegalbuleud menuturkan bahwa penanganan bencana di kecamatannya terkendala jarak antar wilayah yang jauh dan terpencil, serta fasilitas komunikasi yang kurang memadai. “Saya berterima kasih atas pengiriman logistik kebencanaan dari Dinsos Jabar dan Dinsos Sukabumi. Bantuan ini akan sangat membantu para korban bencana”, tuturnya. Ia berharap ke depannya akan ada bantuan tenda pengungsian sehubungan dengan adanya bangunan sekolah yang rubuh akibat bencana kemarin.

Dalam kesempatan ini, Dinsos Jabar mengirimkan bantuan logistik permakanan dan sandang dengan total nilai Rp134.139.350,-. Bantuan ini diterima secara simbolis oleh Tim dari  Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi dan Kecamatan Cibitung. (Ilham&Rachmi)

 

HUMAS DINSOS JABAR


Komentar


Komentar