Batik Griya Harapan Difabel jadi Primadona dalam Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tingkat Jawa Barat

Oleh Admin

Terbit Selasa, 17 Januari 2023   Dibaca 32 kali



Bandung, 14 Desember 2022 - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2022 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate pada 14 Desember 2022. Kegiatan ini diselenggarakan melalui gelaran Festival Disabilitas bertema Senyum Disabilitas untuk Indonesia.

Ada yang unik dari perhelatan ini. Pakaian yang digunakan oleh para panitia yang hadir tampak berwarna warni dengan motif yang khas. Pakaian ini dibuat dari kain batik hasil karya para klien dan alumni Pusat Pelayanan Sosial Griya Harapan Difabel (PPSGHD) Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat. 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberi apresiasi yang cukup tinggi pada batik hasil karya. "Itu batik-batik yang digunakan oleh panitia dan tamu tamu kehormatan, batiknya digambar oleh kang Agun Fadilah dan 10 koleganya di Griya Harapan Difabel. Keren banget, warnanya pilihan, grafisnya juga", kata RK seraya mempersilakan tamu untuk memeragakan batik yang dikenakan. 

Gubernur bahkan memerintahkan kepada seluruh instansi di Pemda Jabar, bila memerlukan batik untuk acara khusus agar memesan batik dari PPSGHD. "Kalau sistem masyarakat belum, kita dulu pengelola negara yang berada di depan. Kalau pemimpin memberi contoh, pasti masyarakat juga akan meniru", imbuh RK.

Lebih jauh RK berharap Jawa Barat bisa menjadi rumah yang adil bagi sahabat Disabilitas. Adil dalam arti sesuai takarannya. RK menegaskan tidak boleh ada perusahaan yang menolak pegawai difabel selama ia mampu mengerjakan pekerjaannya.

Staf Khusus Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia, juga tampak mengenakan batik serupa saat memberi arahan pada kegiatan tersebut. Dalam arahannya, Angkie mengungkapkan harapannya, "Mudah mudahan seluruh Disabilitas memiliki kesempatan yang sama dalam berbagai aspek, pendidikan, kesehatan, transportasi, pekerjaan"

Kegiatan ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HDI Tahun 2022 Tingkat Provinsi Jawa Barat. Sebelumnya, telah dilaksanakan lomba membaca Alquran Isyarat dan Braille, juga Webinar terkait disabilitas. 

Salah satu agenda kegiatan dalam Festival Disabilitas ini adalah pengukuhan Atalia Praratya sebagai Bunda Asuh Disabilitas Jawa Barat. Agenda lainnya ada fashion show, penampilan kesenian, karnaval, bazaar, talkshow yang semuanya diikuti oleh sahabat difabel. (rachmi) 

HUMAS DINSOS JABAR


Komentar


Komentar