AKTIVASI KAMPUNG SIAGA BENCANA KAB.PANGANDARAN

Oleh Admin

Terbit Senin, 28 September 2020   Dibaca 6 kali



25/09/2020, Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu tempat di Provinsi Jawa Barat yang memiliki wisata alamnya yang luas, letak geografis yang begitu ideal dalam pengembangan sektor wisata. Tidak luput dari memperhatikan kebencanaan, Kabupaten Pangandaran termasuk wilayah yang rawan Bencana. Maka dari itu Kabupaten Pangandaran sebagai lokasi yang  strategis untuk dibuat Kampung Siaga Bencana. Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menghadiri kegiatan Aktivasi Kampung Siaga Bencana di Kab.Pangandaran.

TAGANA dari berbagai wilayah di Jawa Barat ikut serta dalam momentum yang diselenggarakan tepanya di Desa Cikalong Kec. Parigi Kab.Pangandaran. Esensi ada nya Kampung Siaga Bencana merupakan antisipasi penanganan kebencanaan dengan berbasis kemasyarakatan dengan memiliki kearifan lokal tertentu, ujar Kadinsos Jabar. Semua memiliki andil yang lebih,  dalam penanganan bencana dengan memiliki kesiap siagaan yang terorganisir sehingga apabila terjadi bencana dapat tertangani dalam suatu kondisi apapun khusus nya bahumembahu dalam kebaikan. Resiko kebencanan di Kabupaten Pangandaran merupakan bagian dari perhatian bersama,  sehingga hadirnya Kampung Siaga Bencana (KSB) dapat melatih dan berupaya melalukan kadaruratan.

Terdapat didalamnya 3 pokok landasan dalam kebencanaan, salah satunya One Road Secara harfiah merupakan satu aturan dengan istilah lainnya yakni one Comment yaitu satu perintah. Dalam penanggulangan bencana terdapat satu perintah dimana dalam mengatasi bencana saat dilapangan tindakan yang harus dilakukan beriringan dengan perintah yang sama atau satu komando, sehingga terjalin nya satu paham dalam bahu membahu dalam penanganan kebencanaan di lapangan.

Melalu demo pelatihan Siapsiaga oleh TAGANA dengan berbagai medan atau rintangan untuk penanganan bencana, mendapat sambutan baik oleh Dirjen Linjamsos serta Bupati Kab.Pangandaran. Dengan demikian masyarakat dapat terlatih dalam menanggulangi bencana,  selain itu dapat menikatkan rasa peduli yang tinggi akan sesama.


Komentar


Komentar