Mengenal Sidang Tim PIPA

Oleh Admin

Terbit Rabu, 11 Oktober 2023   Dibaca 19 kali



Sidang Tim Pertimbangan Pemberian Izin Pengangkatan Anak (PIPA), adalah salah satu proses yang harus dijalani dalam proses pengangkatan anak melalui lembaga atau oleh orang tua tunggal. Pelaksanaan Sidang Tim PIPA mengacu kepada Peraturan Menteri Sosial Nomor 37 Tahun 2010 Tentang Tim Pertimbangan Perizinan Pengangkatan Anak Pusat. Di Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, pada tahun 2023 diagendakan empat kali Sidang Tim PIPA yaitu pada bulan Juni, Juli, dan yang akan datang adalah di bulan Oktober dan November.

Seperti sudah disebutkan di atas, Sidang Tim PIPA hanya diperuntukan bagi pengangkatan anak dengan dua kondisi. Pertama, adalah pasangan Calon Orang Tua Angkat (COTA) yang mendapatkan Calon Anak Angkat (CAA) dari Lembaga Pengangkatan Anak yang sudah mendapatkan izin. Kedua, adalah jika ada orang tua tunggal yang ingin mengangkat anak, terlepas anak tersebut diberikan langsung oleh orang tua kandung ataupun berasal dari lembaga. Untuk bisa diikutsertakan dalam Sidang Tim PIPA, COTA harus telah mengasuh CAA selama minimal enam bulan (setelah mendapatkan Surat Izin Pengasuhan). Untuk pasangan COTA yang menerima anak langsung dari orang tua kandung, tidak perlu diikutsertakan dalam Sidang Tim PIPA.

Dalam pelaksanaannya, Sidang Tim PIPA dihadiri oleh anggota sidang yang tercantum dalam Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 463.05/Kep.234-Dinsos/2010 Tentang Tim Pertimbangan Izin Pengangkatan Anak, yaitu Kantor Wilayah Kementerian Agama, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Kepolisian Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana, Biro Kesejahteraan Rakyat, Biro Hukum dan HAM, Lembaga Perlindungan Anak, dan Dinas Sosial kabupaten/kota terkait. Tujuan dari Sidang Tim PIPA adalah memastikan kelayakan COTA dalam mengasuh dan merawat CAA, demi kepentingan terbaik bagi anak. Hasil dari Sidang Tim PIPA berupa Surat Rekomendasi dari Provinsi yang bisa dibawa ke Pengadilan, guna mengesahkan CAA sebagai anak angkat yang sah di mata hukum.

Kita perlu memahami pentingnya proses pengangkatan anak secara legal. Koordinasikan dengan Dinas Sosial kabupaten/kota setempat dan Dinas Sosial Provinsi. Dengan menjalani proses legal, anak akan lebih terlindungi, memiliki masa depan yang jelas, orang tua pun menjadi tenang dan nyaman.

Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat telah menyelenggarakan dua kali Sidang Tim PIPA untuk 11 COTA. Masih ada 11 COTA yang akan ikut serta dalam Sidang Tim PIPA periode Oktober dan November. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui tentang pengangkatan anak, jangan ragu untuk menghubungi Dinas Sosial di domisili Anda.